Ads

5 Fakta Unik Tentang Pendidikan di Indonesia

Hari ini adalah Hari Guru Nasional 2016 yang juga memperingati berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Banyak sekali capaian-capaian dari sektor pendidikan Indonesia baik melalui para pelajar maupun dari para guru yang sudah mendedikasikan hidupnya untuk pendidikan di Indonesia. Berikut ini adalah fakta-fakta yang patut Anda ketahui tentang pendidikan Indonesia. 

hiburan


1. Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional
Hari Guru adalah hari untuk penghargaan jasa terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda di setiap negara. Di Indonesia, peringatan Hari Guru Nasional jatuh pada tanggal 25 November. Hari Guru Nasional diperingati bersamaan dengan perayaan ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Ini bermula dengan perjuangan para guru Tanah Air melalui Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912. Kongres Guru Indonesia sendiri digelar pada 24–25 November 1945 di Surakarta. Mereka akhirnya meresmikan kelahiran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 25 November 1945. Dan sejak saat itu, pemerintah menetapkan hari lahir PGRI sebagai Hari Guru Nasional dan menjadikannya momentum penghormatan kepada para pahlawan tanpa tanda jasa di Tanah Air.

2. Pendidikan Indonesia pernah menjadi kiblat untuk pendidikan negara tetangga, Malaysia
Pada tahun 1960an sampai 1970an, Indonesia pernah membantu Malaysia dengan mengirimkan guru-guru ke Malaysia karena Malaysia tidak memiliki banyak guru yang berkualitas. Malaysia bahkan mengirimkan putra-putri terbaik mereka untuk menempuh pendidikan di Indonesia.

3. Kurikulum di Indonesia telah berganti-ganti sebanyak 9 kali
Sejak tahun 1947, Indonesia telah mengganti kurikulum pendidikannya sebanyak 9 kali. Mulai dari kurikulum 1947 (Rentjana Pelajaran 1947), Kurikulum 1952 (Rentjana Pelajaran Terurai 1952), Kurikulum 1964, Kurikulum 1968, Kurikulum 1975, Kurikulum 1984, Kurikulum 1994 dan Suplemen Kurikulum 1999, Kurikulum 2004 (Kurikulum Berbasis Kompetensi), Kurikulum 2006 (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), dan yang terakhir adalah Kurikulum 2013.

4. UN Indonesia akhirnya berbasis online
Setelah sebelumnya pemerintah Indonesia mengadakan tes CPNS berbasis komputer, kini ujian nasional pun digelar secara online. Kelebihan dari sistem komputerisasi UN ini adalah para siswa dapat langsung mengetahui nilai mereka setelah mereka selesai mengerjakan soal-soal.

5. Siswa paling bahagia
Seperti yang dilansir situs litbang.kemdikbud.go.id, pada tahun 2012, Indonesia berada pada peringkat 64 dari 65 negara yang disurvei oleh Programme for International Student Assessment (PISA) mengenai literasi membaca, matematika dan sains. Cukup miris, bukan? Tetapi ada satu hal yang menghibur, yaitu menurut survei kebahagiaan yang juga dilakukan oleh PISA, siswa di Indonesia termasuk yang paling bahagia dibanding siswa di negara-negara yang lain.

Sudah mengucapkan terima kasih kepada guru Anda? Sekali lagi, Selamat Hari Guru Nasional 2016! Terima kasih, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa!
-----
Tahukah Anda kami mengaplikasikan metode online bahasa Inggris?
Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat!

➥ Anda bisa belajar dimana saja dan kapan saja
➥ Hanya membutuhkan Laptop / PC yang terhubung dengan WiFi / LAN
➥ Belajar dengan 100% guru penutur asli dari Amerika, Australia, dan Eropa.
➥ Kami akan membuatkan alur belajar individu untuk Anda pribadi dan juga menyediakan seorang guru pembimbing pribadi untuk Anda.
Kalau Anda sudah siap belajar bahasa Inggris bersama kami, langsung daftar ke SIGN UP

No comments

Powered by Blogger.