Ads

3+1 Langkah Cepat Menguasai Tenses Sederhana Bahasa Inggris


cara belajar bahasa inggris dengan cepat


Belajar struktur kalimat bahasa Inggris banyak yang mengatakan sangat susah. Kita sebagai orang Indonesia dalam membuat kalimat tidak mengenal yang namanya kata untuk masa lampau, masa sekarang, dan masa depan. Berbeda dengan bahasa Inggris, untuk membuat kalimat, kita harus melihat kejadian tersebut ada di masa mana. Oleh karena itu, seringkali kita bingung membuat kalimat yang benar seperti apa.

Dalam bahasa Inggris perbedaan struktur kalimat berdasarkan masa waktunya ini disebut dengan tenses. Tenses pada dasarnya terbagi menjadi 3 bagian berdasarkan waktu kejadiannya (masa lampau, sekarang, dan masa depan).

Bahasa Inggris memang bukan bahasa kita tetapi melihat pentingnya bahasa Inggris saat ini, tidak ada salahnya kita mulai belajar menggunakan bahasa Inggris yang benar. Salah satunya dengan belajar tenses. Bagaimana caranya? Kali ini kami akan membagikan 3 langkah yang dapat membantu Anda belajar cepat menguasai tenses!

1. Temukan Kata Kunci Tentang Waktu
Cara paling mudah mengenal tenses adalah dengan mengenali kata kunci. Kata kunci yang mudah ditemukan adalah dengan melihat kata keterangan waktu.
Untuk masa lampau (past) biasanya menggunakan kata kunci: ….ago; this morning; last week/night/year.
Untuk masa sekarang (present) biasanya menggunakan kata kunci: now, always, usually.
Untuk masa depan (future) biasanya menggunakan kata kunci: tomorrow, next tuesday/week/month.
Jika Anda sudah menemukan kata kunci tersebut, Anda bisa tahu kapan kejadian tersebut berlangsung.
2. Kenali Kata Kerja Yang Dipakai
Berikutnya, cari tahu kata kerja yang dipakai. Selalu ada ciri khas dalam kata kerja.
Untuk masa lampau (past), kata kerja biasanya berakhiran “-ed”, seperti watched, locked, atau tried. Kalau bentuk kalimat negatif akan ditambah dengan “did not = didn’t”.
Untuk masa sekarang (present), kata kerja dengan bentuk dasar digunakan dalam kalimat menggunakan tenses ini (tanpa tambahan apapun) kecuali untuk subyek tunggal (he, she, atau it) harus ditambah “-s” atau “-es”.
Untuk masa depan, kata kerja yang dipakai mudah dikenali karena ada bantuan kata “will”.
3. Pastikan Subyek Kalimatnya
Untuk mengecek bentukan kalimat yang benar, pastikan subyek kalimatnya. Aturan yang harus diikuti sangat sederhana. Bentuk sederhana dari bentuk masa depan semua subyek sama aturannya, begitu pula dengan bentuk lampau. Kalau bentuk masa sekarang, Anda harus memastikan bentuk kata kerja yang dimilki jika menggunakan subyek tunggal maka harus menambahkan “s” atau “es” di kata kerjanya serta menggunakan “does not = doesn’t” dalam bentuk negatif. Untuk subyek jamak tidak perlu menambahkan apa-apa dalam kata kerja dan  gunakan “do not = don’t” untuk kalimat negatif.  

(+1) Asah dengan Terus Membaca dan Mempraktekkan
Hal penting belajar tata bahasa bukan masalah hafalan, tetapi dapat merasakan/memahami kalimatnya. Untuk mengasah hal ini hal yang dilakukan adalah dengan sering membaca artikel, bacaan, atau buku bahasa Inggris. Membiasakan diri dengan membaca akan membuat Anda semakin paham bagaimana penggunaannya karena kalimat yang dibuat akan menjadi kontekstual. Jika anda hafalkan maka Anda akan cepat lupa.


Bagaimana? Sudah siap mencoba mempraktekkan langkah-langkah ini? Terlhat sulit? Coba dulu! Ingin tahu tenses yang ada dalam bahasa Inggris apa saja? Kami punya konten untuk Anda belajar disini http://topi.ca/16tenses

-----
Tahukah Anda kami mengaplikasikan metode online bahasa Inggris?
Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat!

➥ Anda bisa belajar dimana saja dan kapan saja
➥ Hanya membutuhkan Laptop / PC yang terhubung dengan WiFi / LAN
➥ Belajar dengan 100% guru penutur asli dari Amerika, Australia, dan Eropa.
➥ Kami akan membuatkan alur belajar individu untuk Anda pribadi dan juga menyediakan seorang guru pembimbing pribadi untuk Anda.
Kalau Anda sudah siap belajar bahasa Inggris bersama kami, langsung daftar ke (LINK)

No comments

Powered by Blogger.